Rabu, 15 Januari 2014

Administrasi Ambalan

Administrasi Ambalan
Untuk kelengkapan kegiatan dan tradisi kehidupan di setiap Ambalan, sebaiknya harus ada:
1.       Administrasi Ambalan
a.       Buku Induk Anggota
b.      Buku Inventaris
c.       Buku Keuangan
d.      Buku Kegiatan
e.       Daftar Hadir Latihan
f.        Buku Resume Rapat
g.       Buku Harian dan Album
h.      Buku Catatan Adat
i.         Buku Pencapaian SKU dan SKK
j.         Buku Data Pribadi
k.       Dsb
Agar latihan di gugus depan dapat mencapai tujuan Gerakan pramuka dan tidak membosankan, seorang Pembina gugus Depan dapat mengatur kegiatan, memiliki materi latihan yang diminati Penegak di suatu Ambalan. Pemilihan tempat dan waktu kegiatan akan sangat mempengaruhi jalannya kegiatan. Mengenal dan memahami peserta didik merupakan kunci dari kesuksesan pembinaan dalam gerakan pramuka. Perlu diingat kesuksesan pembinaan dalam gerakan pramuka bukan di ukur seberapa jumlah piala/tropi yang didapat saat memenangkan suatu perlombaan, tetapi diukur dengan seberapa besar perubahan sikap dan perilaku ke arah yang lebih positif peserta didik yang kita bina.
Contoh jadwal  Latihan berkala di Ambalan;
a.       Upacara Pembukaan Latihan
b.      Latihan tradisi (PBB, Refleksi diri)
c.       Latihan inti
d.      Uji SKU dan SKK
e.       Refreshing (permainan, lagu, dinamika kelompok, dll)
f.        Upacara Penutupan
Diusahakan materinya bervareasi sehingga tidak membosankan, diselingi dengan kegiatan bakti, kegiatan sosial atau kegiatan yang mungkin saat itu sedang trend, serta menggunakan teknologi modern. Format latihan lain seperti kunjungan ke tempat bersejarah, museum, kunjungan ke pabrik, sentral usaha atau mungkin kunjungan ke polsek, koramil, panti asuhan, panti wreda dll.  Selain itu latihan gabungan antara gugus depan dan satuan lain juga dapat menjadi alternatif, selain untuk membuka wawasan juga dapat saling mengenal sesama anggota gerakan pramuka.
Keikutsertaan anggota penegak dalam satuan karya tertentu atau kegiatan lain seperti ubaloka juga harus di dukung oleh pembina dengan mempertimbangkan minat dan bakat dari peserta didik.  Selain itu untuk mendorong nilai-nilai kepemimpinan serta kematangan dalam organisasi, anggota yang dapat belajar melalui dewan kerja yang ada di tiap kwartirnya. Peran dan dukungan dari pembina baik secara moril dan materiil memang sangat penting dalam pembinaan di Gerakan Pramuka. 
Kedai “aku anak pramuka” menyediakan seragam, atribut, tanda-tanda dalam Gerakan Pramuka yang sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan, serta segala peralatan dalam kegiatan pramuka seperti Tenda, Tali, Tongkat, Kompas, Tas Sandang, Topi lapangang, DLL. Selain itu kami juga menyediakan buku-buku terbitan Kwartir Nasional. Silahkan menghubungi kak Awang, 085 743 109 113 dan 085 226 887 668. Taman udan riris 2 no 11 Tlogosari Kulon Pedurungan
Klik Juga Info terbaru 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar